Buket Bunga, si Kecil yang Bermakna


Say it with flowers – itulah kata yang banyak di ungkapkan banyak orang. Bunga memang dapat mewakili mengungkapkan perasaan kepada seseorang yang kita kasihi dan sayangi. Bunga dapat mewakili emosi atau perasaan seseorang. Bunga telah membawa makna tersembunyi selama berabad-abad, beberapa makna untuk percintaan, dan harapan, dan ada pula untuk mewakili makna negatif.

Di Indonesia sendiri, bisnis florikultur Indonesia mengalami peningkatan seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia. Komoditas agribisnis florikultur terdiri dari bunga potong, bunga pot dan tanaman hias daun. Salah satu komoditas florikultur yang memiliki peluang usaha yang cukup baik untuk dikembangkan adalah bunga potong.

Buket bunga
Bunga potong banyak dimanfaatkan sebagai hand bouquet atau buket bunga tangan. Kata buket sebenarnya berasal dari istilah Perancis Kuno yang berarti "clump of trees" atau serumpun pohon. Namun, Karena akan sulit bagi seorang pengantin wanita untuk membawa sekumpulan pohon ke dalam pesta di hari pernikahan, saat ini buket diartikan sebagai  "a small bunch of arranged flowers” atau seikat bunga yang diatur.


Namun, seiring dengan perkembangan waktu, saat ini buket bunga bukan hanya khusus digunakan pada hari pernikahan saja, tetapi juga digunakan pada acara-acara khusus seperti ulang tahun atau hari peringatan. Buket bunga pada pengantin wanita akan berbeda dari buket bunga untuk acara ulang tahun , hari peringatan dan momentum tertentu.
Buket bunga pernikahan biasanya mempunyai bentuk-bentuk yang dirangkai tanpa bahan tambahan lain, namun pada buket bunga untuk acara ulang tahun atau hari peringatan biasanya akan disusun dengan bahan tambahan lain.

Bahan tambahan yang digunakan dalam buket bunga acara peringatan biasanya ditambahkan kain, kertas atau plastik sebagai bahan untuk membalut rangkaian bunga. Sedangkan pada buket bunga yang di pakai pengantin wanita biasanya tidak menambahkan bahan lain tetapi hanya menggunakan pita atau tali untuk mengikat rangkaian bunga.

Membuat buket bunga sederhana



Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat buket bunga adalah bunga potong dengan berbagai jenis bunga sesuai keinginan. Selanjutnya siapkan juga kain atau kertas untuk membungkus buket bunga. Siapkan juga beberapa peralatan pendukung seperti gunting, tang tangan, solatip, tali rami, plastik kecil, sprayer, dan kasa basah.



Langkah pertama dalam mebuat buket bunga adalah membuang beberapa helai daun pada batang dan menyisakan beberapa helai pada bagian atas bunga. Jika batang bunga terlalu panjang, dapat dipotong sesuai tinggi yang dikehendaki. Selanjutnya susun rangkaian bunga dengan layer dan bungkus bagian bawah batang dengan kain kasa basah dan tutup dengan plastik dan balut dengan solatip dengan kencang.

 
 
Selanjutnya siapkan kain pembungkus yang telah disiapkan dan di lipat pada bagian pinggir kain. Bunga yang telah dibalut kasa kemudian diletakkan pada tengah kain pembungkus dan diikat kencang dengan tali rami, tali rami yang tersisa pada ikatan di ikat membentuk pita.


Tahap akhir adalah menyemprot bunga dengan air menggunakan sprayer agar bunga terlihat lebih segar dan lebih tahan lama.

Selamat mencoba


A mother is the one who fills your heart in the first place. 


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer